Kamis, 03 Juni 2010

“ KEJUJURAN “

“ KEJUJURAN “

Pada suatu waktu Rasullah SAW sedang bercengkerama diserambi masjid bersama dengan para sahabat diantaranya Umar Bin Chattab , tiba-tiba datang seorang pemuda kalau menggunakan istilah sekarang Preman seraya berkata :

Pemuda : “Ya , Rasullah aku ini sebetulnya ingin sekali untuk masuk Islam , aku ingin menjalankan sholat ingin melakukan zakat , tapi ya Rasul aku ini mempunyai kesenangan yang tidak baik , seperti berbuat zina, mabuk-mabukan dan berjudi dan aku sangat sulit untuk meninggalkan tabiatku ini”

Mendengar cerita pemuda ini lalu sahabat Umar bin Chattab yang terkenal keras wataknya ini lalu rona mukanya merah padam, pemuda preman itu akan dipukulnya lalu Rasullah mencegahnya seraya beliau berkata :

Rasullah : “ Wahai anak muda, aku sangat senang dengan apa yang engkau sampaikan kepadaku lalu Rasullah melanjutkan ucapannya lakukan saja terus kesenanganmu itu, tapi aku minta engkau mau berjanji istilah kerennya sekarang “BERIKRAR” satu saja “ lalu seraya pemuda bertanya.

Pemuda : “Apa itu , ya Rasullah “

Sambil tersenyum Rasullah menjawab : “Janganlah kamu berbuat bohong alias berlakulah kamu JUJUR”

Pemuda : “Cuma hanya itu ya Rasullah” sambil dalam hatinya berkata, mudah sekali syarat yang diajukan oleh Rasullah.

Rasullah lalu menjawab : “Ya, cuma itu”

Hari berganti hari, minggu berganti minggu Pemuda itu masih saja tetap melakukan berbuatannya yang tidak baik itu, lalu pada suatu saat pemuda itu berpapasan dengan Rasullah ditengah jalan dan disapanya pemuda itu.

Rasullah : “Wahai anak muda, apa kabarmu hari ini, mengapa kamu seperti orang sedang kebingungan, apakah ada diantara keluargamu yang sedang sakit.”

Pemuda itu menjawab : “Tidak ya Rasullah”

Rasullah melanjutkan pertanyaannya : “Dari mana kamu hari ini anak muda dan apa yang kau kerjakan .”

Pemuda itu seraya diam tidak dapat menjawab bertanyaan dari Rasullah sambil dalam hatinya berkata : “ kalau aku jawab aku habis melakukan zina aku sangat malu pada Rasullah, tapi kalau aku jawab yang lainnya berarti aku bohong! aku tidak JUJUR padahal aku sudah ber IKRAR pada Rasullah untuk tidak berbuat bohong , tidak melakukan perbuatan yang tidak JUJUR”, lalu pemuda itu bersimpuh sambil memeluk erat lutut Rasullah sambil menangis seraya berkata :

Pemuda : “Ya Rasullah, aku pada hari ini telah berbuat zina, sungguh sangat malu untuk mengatakan hal ini padamu Ya Rasullah tapi karena aku sudah ber IKRAR padamu untuk tidak berbuat bohong, untuk berlaku JUJUR maka kuceritakan segala perbuatanku yang tidak terpuji ini padamu Ya Rasullah, dan mulai hari ini aku ber IKRAR , aku berjanji Ya Rasullah akan aku tinggalkan semua perbuatanku yang tidak terpuji ini.”

Sambil mengangkat bahu anak muda itu Rasullah, berdo’a pada Allah SWT semoga mengampuni segala dosa yang dilakukan anak muda ini dan dijadikannya HAMBA ALLAH ini sebagai salah satu penghuni surga.

Lalu anak muda diangkat sampai berdiri dan berhadapan dengan wajah Rasullah, lalu dihapuskannya air mata KEJUJURAN pemuda itu dan dijadikannya salah satu sahabat nya yang paling dekat dengan beliau, hingga achir hayatnya tetap memegang teguh IKRAR dan JANJI nya untuk tidak berbuat bohong dan akan senantiasa berlaku JUJUR.

SUBHHANALLAH, MAHA SUCI ALLAH.

Dengan hanya berbakal satu ikrar KEJUJURAN seorang Pemuda Preman, yang selama ini kita anggap sebagai sampah masyarakat mampu memahami dan melakukan (mengamalkan) KEJUJURAN dan dapat menjadikannya sahabat dekat Rasullah dan menjadikannya salah satu penghuni surga.

Lalu bagaimana dengan kita BINA INSAN MUTAQIN yang terhormat ini , yang mempunyai IKRAR PATRIOT 135 yang setiap hari kita ucapkan , kita teriakkan , seandainya kita dapat memahami dan melakukan (mengamalkan) satu ikrar saja “KEJUJURAN” Insya’allah kita akan bernasib sama dengan pemuda preman tersebut, menjadi sahabat Rasullah dan salah satu penghuni surga AMIIN !!!!!!

Diachir tulisan kami ini mohon ma’af apabila didalam tutur kata ada yang tidak berkenan dan apabila terjadi kesalahan didalam kami menulis ini , karena keterbatasan ilmu kami dan apabila ada yang benar hanya semata mata datangnya dari Allah SWT.

0 komentar:

Posting Komentar

Design by Abdul Munir Visit Original Post Islamic2 Template